Beranda Berita Road Show Gerakan Gemar Membaca Masuki Kecamatan ke 12

Road Show Gerakan Gemar Membaca Masuki Kecamatan ke 12

Maros.Sulsel – reaksipress.com – Road show Gerakan Gemar Membaca dan Literasi Sekolah yang digelar di 14 kecamatan di Maros, kini memasuki kecamatan ke 11 dan 12, yakni Kecamatan Bantimurung dan Cenrana, Selasa 30 Oktober 2018.

Dalam kegiatan yang dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Bantimurung ini, tidak kurang dari 150 peserta hadir dari dua kecamatan tersebut, terdiri dari siswa dan guru pendamping SD dan SMP.

Kegiatan yang digagas oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Maros ini menghadirkan pembicara utama Dr Jabaruddin Pasuloi selaku mentor literasi sekolah di Maros dan juga Kepala SMP 2 Unggulan Maros. Dalam materinya, dia meminta sekokah memanfaatkan keterbatasan yang ada.

“Sekolah jangan berfikir tempat membaca itu hanya perpustakaan dalam artian gedung. Tapi sudut baca, gerobak baca, taman baca, warung baca adalah bentuk lain dari perpustakaan. Malah akan lebih merangsang daya baca siswa,” ungkapnya.

Selain itu, juga dihadirkan pendongeng nasional, Puguh Herumawan yang membawakan dongeng sebagai satu literasi tutur atau lisan. Menurutnya, literasi bukan hanya membaca tapi bertutur juga adalah literasi, apalagi teknik mendongeng bisa menjadi media pembelajaran yang efektif dan kreatif.

Sementara testimoni literasi disampaikan oleh guru SD 57 Bulu Bulu, St Fatimah Nugraha yang menyampaikan tentang keberhasilan sekolahnya menjadikan literasi sebagai cara cerdas membekali masa depan anak dengan pemanfaatan kelas, halaman dan teras sebagai lahan membaca.
Dia memberi contoh sekolahnya yang dulu terbatas, kumuh karena dekat pasar, perpustakaan sempit, buku bacaan yang kurang.

“Namun karena kerja tim dan pengaktifan aguyuban sekolah akhirnya SD bulu bulu menjadi sekolah model di Kabupaten Maros,” ujarnya.

Kegiatan ini dipandu oleh Direktur Radio Maros FM, Lory Hendradjaya yang mengantar acara berjalan hidup dan dinamis.

Sementara itu, penanggungjawab kegiatan, Asad Bacolleng merasa bangga dengan kerja tim yang selama hampir setahun ini bekerja untuk menularkan gairah membaca sejak usia dini. Dia berharap gerakan ini membuahkan hasil sehingga kedepan akan disaksikan sekolah-sekolah memanfaatkan keterbatasannya kreatif menghadirkan suasana baca yang baik dan inovatif.

“Sekolah kita harapkan menjadi ujung tombak gerakan ini, dari sekolahlah akan lahir imbas pada sekolah lainnya dan masyarakat yang ada di sekitar sekolah. Kita harapkan hasil kegiatan ini akan melahirkan generasi pembaca yang baik dan pengunjung perpustakaan yang rajin,” pungkasnya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

Must Read

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS