Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia (PB PGRI) Unifah Rosyidi menyampaikan, pada Kamis, (20/09/2018) pihaknya sudah bertemu dengan Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno untuk membahas terkait tuntutan aksi guru honorer. Intinya, pemerintah sepakat menyelesaikan masalah honorer K2 tua (usia di atas 35 tahun) dengan mencarikan regulasi tepat.

“Kami sudah bertemu Pak Sesneg, intinya beliau setuju menyelesaikan masalah honorer K2. Kalau memungkinkan menjadi PNS, akan dilakukan. Jika tidak, dicarikan solusi lain yang lebih pro K2 tua,” kata Unifah dalam konfrensi pers.

Dia menyebutkan, ada dua regulasi yang bisa diterbitkan untuk penanganan honorer K2 tua. Pertama, menerbitkan Keputusan Presiden (Kepres) tentang pengangkatan honorer K2 tua menjadi aparatur sipil negara (ASN).

Sisilain: Ketua DPR Bambang Soesatyo, menggugat pemerintah segera mencari solusi terkait permasalahan guru honorer atau K2. Hal ini menyikapi aksi mogok kerja para guru honorer yang menolak tegas dan mempermasalahkan syarat umur seleksi CPNS 2018.

Demo K2 memenuh pelosok-pelosok Nusantara, Sebelumnya ribuan guru honorer K2 mogok mengajar, sekolah-sekolah tutup bahkan membuat caption “Sedang disegel”. Jurnal Televisi tampak plural menayangkan sekolah-sekolah sedang libur di nusantara terutama strata Sekolah Dasar. tuntutan mereka jelas Sebab belum adanya perubahan atas kebijakan pemerintah , serupa demo di DPRD Provinsi Dari Forum Honorer K2 dari Kabupaten Maros. Mereka : 1. Mendesak pemerintah pusat Melalui DPRD Provinsi dan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan untuk menunda pelaksanaan penerimaan CPNS umum sebelum persoalan honorer K2 terselesaikan secara keseluruhan tanpa ada batasan usia ; 2. Mendesak pemerintah pusatĀ  untuk segera menyelesaikan revisi undang undang ASN ; 3. Mendesak pemerintah pusat dalam hal ini presiden RI untuk mengeluarkan regulasi landasan hukum bagi penerimaan Honorer K2 secara keseluruhan tanpa di batasi usia,(dalam hal ini PERPU). DPRD Provinsi akan meneruskan tuntutan mereka ke DPR RI dan Pak Presiden.

Di Karawang honor K2 kepung Pemda tolak aturan pembatasan usia CPNS, sedang di Jakarta kemarin 11.000 Guru honorer tegas dan terang-terangan menanti diangkat jadi PNS.

“Memang situasi guru honorer dari waktu ke waktu dicarikan solusi untuk penyelesaiannya,” kata Bamsoet di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (20/9).”saran kami dari DPR melalui komisi terkait sebaiknya pemerintah mengangkat dulu yang honorer, baru buka CPNS baru,” ungkapnya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS