Maros.Sulsel – reaksipress.com – Operasi bebas sampah yang dilakukan oleh Sektor Pengelola Taman Nasional (SPTN) Bantimurung Bulusaraung (Babul), mendapatkan dukungan dari berbagai pihak. Salah satu diantaranya ialah kader FK2TNBABUL yang diwakili oleh Jabal Nur.

Ia Jabal akrabnya disapa mengatakan bahwa aksi-aksi seperti ini mesti dilakukan dengan rutin dan melibatkan semua pihak, tidak terkecuali masyarakat sekitar kawasan dan Maros pada umumnya.

“Ini aksi nyata yang baik, semoga pihak Taman Nasional rutin melakukan ini dan lebih banyak lagi melibatkan elemen masyarakat, pegiat lingkungan dan kelompok lainnya, agar kawasan konservasi bisa betul-betul bersih,” katanya. Kamis (27/9/2018).

Pelibatan element masyarakat dan pemuda tentunya akan memberikan efek pada generasi mendatang tentang pentingnya menjaga kawasan konservasi dari sampah non-organik.

“Melibatkan anak muda dalam kegiatan lingkungan seperti ini adalah upaya tepat sasaran dalam menanamkan faham untuk menjaga lingkungan. Karena, cara pemuda dalam bersosialisasi itu menyeluruh dan beregenerasi. Misalnya, perkaderan pada KPA,” kata tokoh muda asal Kecamatan Camba ini.

Sehingga, menurutnya perlu melibatkan lebih jauh para kelompok penggiat lingkungan, KPA dan lainnya. Agar kesadaran tentang lingkungan tertanam sejak dini dan menyeluruh.

Saat menggelar aksi bebas sampah dikawasan Konservasi Pattunuang Asue, Desa Samangki, Kecamatan Simbang, Maros, telah dikumpulkan sampah plastik sebanyak dua truk.

“Kalau banyak yang diajak untuk terlibat, wilayah pembersihan juga akan semakin meluas dan sampah di kawasan konservasi akan banyak yang terkumpul,” ujar mantan sekretaris umum FK2TNBABUL ini.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS