Maros.Sulsel – Reaksipress.com – Badan Geologi pusat melakukan survei titik air di Desa Ampekale Kecamatan Bontoa, Kabupaten Maros. Hal ini, lantaran adanya keluhan warga mengenai sulitnya menemukan air bersih pada musim kemarau.

Kepala Desa Ampekale, Abd Rahim mengatakan tim dari Badan Geologi turun mencari titik air bersih di Desa Ampekale,”Jadi setelah membaca berita dari media mengenai kesulitan air bersih di Desa Ampekale. Pusat langsung menurunkan tim untuk mencari titik air bersih,” jelasnya. Selasa (14/8/2018).

Dia mengatakan ada empat dusun di Desanya yang di survei oleh Badan Geologi. Yakni Dusun Binangasangkara, Padaria, Lalang Tedong, dan Dusun Mangarabombang.

Rahim membenarkan jika kekeringan ini merupakan langganan tiap tahunnya yang melanda desanya. Olehnya itu, dia sangat bersyukur karena ada tim yang turun ke Desanya mencari titik air.

“Kami sangat bersyukur karena dari beberapa desa yang langganan kekeringan desa kami yang disurvei oleh Badan Geologi,” jelasnya.

Rahim juga mengatakan persoalan kekeringan sudah lama terjadi. Pasalnya hingga kini Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) tidak bisa menyuplai air ke desanya karena debit airnya tidak mampu.

Bahkan sudah pernah dilakukan pemasangan pipa 25 tahun lalu dan dua tahun lalu namun sudah berkarat karena kondisi air garam,”Memang sumber air bakunya tidak ada karena disini juga airnya air garam,” katanya.

Sedangkan salah seorang tim survei Hilman mengatakan pihaknya ditugasi turun oleh Badan Geologi setelah adanya informasi dari media terkait kekeringan yang melanda warga pesisir di Kecamatan Bontoa.

“Jadi awalnya tujuan utama kita ke daerah Soppeng dan Wajo. tapi setelah ada informasi dari media maka kami diminta turun kesini melakukan survei,” katanya.

Survei ini baru akan diketahui hasilnya sebulan kemudian.

Mengenai tindakan lanjutnya dia mengatakan kemungkinannya akan ada pengeboran dari Badan Geologi.

“Setelah dilakukan survei ini, kemungkinan jika ada indikasi dibawah tanah ada kandungan air mungkin ads pengeboran dari Badan Geologi,” jelasnya.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS