Jakarta.Nasional- reaksipress.com -Ketua Umum Persatuan Wartawan Republik Indonesia (PWRI) Suriyanto PD, didampingin Sekretaris Jenderal Zulfikar Taher, melantik pengurus Dewan Pimpinan Daerah ( DPD ) PWRI Provinsi Jawa Barat, bertempat di kantor Gubernur Jawa Barat ( Gedung Sate ) Kamis (9/08/).

Dalam sambutan pelantikan, Suriyanto mengingatkan pentingnya wartawan anggota PWRI untuk memahami tentang hukum, tajam dalam pemberitaan, namun tetap konstruktif serta mengedepankan nilai-nilai edukasi dan sejuk, sehingga suatu karya jurnalistik akan memiliki ruh maupun makna, yang pada gilirannya bisa menjadi bahan renungan maupun kajian untuk bersama-sama memperbaiki bangsa ini.

” Wartawan harus paham betul tentang hukum, serta tajam dalam pemberitaan yang bersifat mengingatkan, dan kritis untuk melakukan fungsi kontrol terhadap pemerintah sebagai upaya untuk memajukan Jawa Barat khususnya. Namun harus tetap mengedepankan etika dan prinsip-prinsip jurnalistik yang benar, santun, dan mencerahkan,” kata Suriyanto.

Diingatkannya pula, seorang wartawan harus tampil elegan baik dalam penampilan, maupun karya jurnalistiknya, harus cerdas, santun, serta turut menjaga lingkungan yang sedang digalakkan oleh TNI dan Polri se Jawa Barat melalui program Citarum.

Meski sempat kecewa karena acara pelantikan tidak dihadiri Gubernur Jawa Barat selaku tuan rumah karena sedang berada di luar kota, namun acara yang dihadiri Seluruh Pengurus DPD maupun DPC se Jawa Barat, serta tamu undangan dari TNI, Polri, Instansi Pemerintah, maupun kalangan swasta ini berlangsung khidmat dan lancar.

Diantara tamu undangan yang hadir, Ceu Popong, seorang tokoh Sunda turut menyampaikan sambutannya.

Disampaikan Ceu Popong, organisasi yang bernar ada tiga prinsip yang wajib dipahami. Pertama, bekerja bersama, kedua organisasi milik bersama dan tanggung jawab bersama.

Apabila ketiga prinsip tersebut bisa dijalankan, kata Ceu Popong, Insya Allah organisasi PWRI akan maju, dan menjadi garda terdepan dalam mengawal dan menyuarakan pesan-pesan pembangunan maupun pesan-pesan kemanusiaan.

Sementara itu Ketua DPD PWRI Jawa Barat Budi Suyitno dalam sambutannya mengatakan, seluruh jajaran pengurus DPD PWRI Jawa Barat,  mengucapkan terima kasih kepada Ketua Umum, Sekjen maupun OKK serta segenap pengurus DPC PWRI se Jawa Barat atas supportnya sehingga terlaksana acara pelantikan ini dengan baik dan lancar.

Budi juga berharap adanya bimbingan dan arahan agar mampu menjalankan roda organisasi, sehingga PWRI di Jawa Barat akan tumbuh dan berkembang, profesional, dan bisa memberi kontribusi nyata terhadap masyarakat, bangsa dan negara.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS