TIM SATGAS SABER PUNGLI MAROS BERSAMA UNIT IK POLSEK LAU MELAKUKAN OPERASI TANGKAP TANGAN (OTT) OKNUM GURU YANG DIDUGA MELAKUKAN PUNGLI TERHADAP PESERTA UJIAN PAKET C DI SMK NEGERI LAU.

Jumat, 27 April 2018, pukul 07.00 wita, Aiptu Akbar AR, S.Sos (Kanit Polsek Lau)  mendapat laporan informasi Via Handphone dari Sdr.Malik, bahwa ada rencana keluarganya,  yang akan mengikuti ujian paket “C” pada SMK Negeri 1 Lau,  dan rencana akan menyerahkan uang sebanyak Rp.1.000.000 kepada salah seorang oknum guru yang bernama Sdr. Makka, dengan uang tersebut diperuntukkan sebagai pembayaran untuk mengikuti ujian paket C.

Perihal berlanjut, dipukul 07.30 wita Kanit IK Polsek Lau melaporkan hal tersebut kepada Kasat IK Polres Maros sebagai Koordinator Unit Intelijen Satgas Saber Pungli Maros dan Waka Polres Maros sebagai Ketua Tim Satgas Saber Pungli Maros, selanjutnya Ketua Satgas memerintahkan kepada Ipda Pandu Harikusuma,STr.K (Anggota Unit Penindakan Satgas Saber Pungli Maros) dan Muhammad Awaluddin (Anggota Unit Intelijen Satgas Saber Pungli Maros) untuk melaksanakan OTT tersebut berdasarkan Surat Tugas yang ditandatangani oleh Ketua Satgas Saber Pungli Maros.

Sekitar pukul 08.00 wita, tim bergerak kedepan SMK Negeri 1 Lau dan berhasil mengamankan Sdr.Makka tersebut, yang telah menerima uang sebanyak Rp.1.000.000, dari Sdr.Muslimin (Calon Peserta Ujian Paket C),  selanjutnya tim mengamankan dan membawa yang bersangkutan ke Polres Maros untuk diadakan Proses lebih lanjut.

Perlu dijelaskan bahwa pada saat Sdr. Makka diamankan yang bersangkutan sempat mengatakan saya cuman dapat Rp.200.000 setiap calon peserta Pak, hal ini menunjukkan bahwa sdr.Makka dlm melakukan aksinya tidak berdiri sendiri, apalagi yang bersangkutan bukan Guru pada SMK Negeri 1 Lau, hal ini akan menuai proses selanjutnya.

Adapun Calon peserta Ujian Paket C yang telah menyerahkan / membayar kepada Oknum Guru yang bernama Sdr. Makka yaitu :
1. Muhammad Amin = Rp.1.200. 000, 2. Mukhsin Alatas = Rp.1.200.000, 3. Muhammad Nur = Rp.1.500. 000, 4. Muslimin = Rp.1.000.000,- dan masih ada beberapa orang lagi yang belum diketahui identitasnya.

6. Tim yang Ikut dalam giat OTT tersebut antara lain : Ipda Pandu Harikusuma,STr.K (Anggota Unit Penindakan Satgas Saber Pungli Maros),  Muhammad Awaluddin (Anggota Unit Intelijen Satgas Saber Pungli Maros), Aiptu Akbar AR, S.Sos (Kanit IK Polsek Lau) dan  Bripka Faisal (Anggota IK Sek.Lau)

Adapun laporan lain dalam catatan mengungkapkan :
1. Menurut Keterangan sdr.Hj.Hadra (PKBM) bahwa apa yang dilakukan oleh Sdr.Makka tidak sesuai dengan aturan yang ada untuk mengikuti ujian Paket C

2. Disinyalir praktek Pungli yang oleh Sdr.Makka sudah lama dilakukan dan tidak menutup kemungkinan juga dilakukan pada sekolah – sekolah lain

Untuk mengantisipasi kejadian serupa, perihal ini segera diproses sesuai dengan hukum dan perundang-undangan yang berlaku guna mengungkap jaringannya dan diharapkan dapat menjadi efek jera bagi yang bersangkutan_
Berita Maros_Reaksi Press_Penulis : Sang Baco.

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS