Beranda Sulawesi Selatan KEMENDES PDTT GELAR PELATIHAN KEMITRAAN MASYARAKAT DESA

KEMENDES PDTT GELAR PELATIHAN KEMITRAAN MASYARAKAT DESA


Makassar-Sulsel.reaksipress.com. Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) menggelar kegiatan pelatihan ‘kerjasama dan kemitraan masyarakat desa’ regional Sulawesi Selatan, di Best Western Hotel Makassar, Selasa-Rabu, (5-6/12/2017).
Sejumlah narasumber hadir dalam acara tersebut, diantaranya, Kasubdit kerjasama dan kemitraan Masyarakat desa Kemendesa PDTT Suhandani, Dinas PMD Pempov Sulsel, Rais Rahman, Direktur LKPM Sulsel, Azhar Arsyad dan Ketua Pokja Masyarakat Sipil, Idham Arsyad.
Sebanyak 60 orang mengikuti pelatihan tersebut, berasal dari masyarakat desa, organisasi Apdesi, Perwakilan Ormas, NGO penggiat desa dari seluruh kabupaten-kota di Sulsel.
Dalam penyampaiannya kepada reaksipress.com , Ketua Pokja Masyarakat Sipil, Idham Arsyad menjelaskan perihal implementasi Undang undang desa selama tiga tahun ini.
“Tiga tahun implementasi UU Desa ada banyak kemajuan yg telah dicapai, diantaranya adalah kemajuan pembangunan infrastruktur di pedesaan seperti jalan desa sangat meningkat” ujarnya.
Menurutnya, dari data yang disampaikan oleh Dinas PMD Sulsel, telah terbangun jalan desa sepanjang 2000 Kilometer,dalam kurun waktu tiga tahun.
Selain itu, Idham yang pernah menjabat Sekjen KPA, juga menjelaskan bahwa UU Desa juga ini mendorong partisipasi masyarakat desa dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
“Partisipasi masyarakat desa menjadi salah satu kunci keberhasilan UU Desa. Karena hal tersebut akan melahirkan musyawarah desa yang berkualitas” tegas Idham.
 “Kemajuan kualitas hidup masyarakat desa ini harus didorong terus dgn menjadikan desa sebagai pusat pertumbuhan ekonomi. Karenanya sangat diharapkan bahwa dana desa dapa menjadi stimulan tuk mendorong desa dapat memetakan potensi dan aset desanya sehingga menjadi basis utama pertumbuhan dan pemerataan ekonomi,” pungkasnya.
Dana desa untuk infrastruktur kini dilecut untuk membangun jalan desa, jembatan, irigasi, unit air bersih, MCK dan embung desa. Selain untuk infrastruktur dana desa juga digunakan untuk pemberdayaan masyarakat dan lainnya.
Kontributor : Abrar, R

Editor           : A.Maradja 
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...

LBC Maros Kembali Gelar Pameran Bilah Pusaka di Rammang-rammang

Maros - reaksipress.com - Lembag Badik Celebes (LBC) Maros menggelar agenda Konservasi budaya sekaligus melakukan pengukuhan pengurus Periode 2020/2025 di Pegunungan Barakka Dusun Salenrang,...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS