Beranda Sulawesi Barat WAKIL BUPATI MATRA : SEMUA ETNIS HARUS BERGANDENGAN TANGAN

WAKIL BUPATI MATRA : SEMUA ETNIS HARUS BERGANDENGAN TANGAN

Matra-Sulbar.www.reaksipress.com. Kerukunan Keluarga Makassar Abbulosibatang Kabupaten Mamuju Utara , Jum’at (10/11/2017) menggelar temu sosialisasi antar pengurus di rumah Ir. H.Ahmad Sibali Daeng Lili, salah satu tokoh masyarakat Makassar di Mamuju Utara membahas hal-hal pokok organisasi KKM
Dalam prolog sambutan, Ketua Kerukunan Masyarakat Makassar, Suami Rahim menggambarkan bahwa Mangkasara’atau kini disebut Makassar  merupakan etnis yang mendiami pesisir selatan Pulau Sulawesi dan menjadi dua rumpun besar berdasarkan cara tutur, yakni Lakiung dan Konjo.
Kata A’bulo Sibatang merupakan filosofi yang digunakan etnik Makassar dari zaman-ledakan yang terus bertahan hingga kini dan mengandung nilai kebersamaan dalam simpul tali silaturahmi, yang kemudian menjadi motivasi suku Makassar untuk menghimpun diri dan saling mengenal.
“Bukan hanya keberaniannya tetapi juga karena kecerdasan dan kepintarannya, bahkan terbukti orang Makassar juga disegani oleh dunia karena kemampuan kepemimpinannya.” Jelasnya.
Lebih lanjut ia berharap bahwa Kerukunan Keluarga Makassar perlu direvitalisasi dan direposisi kembali dengan beberapa pertimbangan yakni bahwa kerukunan besar keluarga Makassar tujuan dasarnya adalah berada pada tataran kerja-kerja sosial kemasyarakatan.
“Kita kembali ke A’bulo Sibatang, A’cera Sitongka-tongka, Siri’ Na Pacce’, itulah kerukunan suku Makassar”, terang pria yang akrab dipanggil Adam Kawilarang.
Selain itu menurutnya pada era Digital, generasi kekinian semakin menjauh dari kearifan lokal dan nilai-nilai budaya, padahal sesungguhnya budaya adalah perekat-pemersatu dalam konteks ke-bhinnekaan.
Kedepan, ia meminta warga Makassar harus mampu menunjukkan identitasnya dengan cara mengabdi kepada Kabupaten Matra sesuai kemampuan dan potensi yang dimiliki, dan meminta kepada pemerintah Daerah agar melibatkan semua etnik yang bermukim di mamuju Utara dalam pelaksanaan program pembangunan, dengan memanfaatkan keberagaman etnik sebagai energi percepatan pembangunan daerah”, harapnya.
Senada, salah satu tokoh Makassar, H.M Natsir mengatakan mengatakan komunitas sangat penting, karena sejak pembentukan Kabupaten Mamuju Utara, ada beberapa simpul-simpul komunitas yang ada dan hidup di Mamuju Utara seperti suku Makassar, Bugis, Mandar, Jawa, Lombok, Jambi, Bali.
Wakil Bupati Mamuju Utara, H Muh Saal yang turut hadir menyatakan sangat mengapresiasi pembentukan oraganisasi KKM Abbulo sibatang di Kabupaten Mamuju Utara, dan mengharapkan semua etnik yang ada untuk membentuk komunitas.
“Ketika Matra dirancang menjadi sebuah Kabupaten, penduduknya hanya sekitar 64 ribu jiwa, karena kehadiran kita semua yang memberi sumbangsih, jumlah penduduk yang ada saat mencapai sekitar 218 ribu jiwa “, jelasnya.
Namun ia juga meminta kepada semua pihak untuk membantu pemrintah daerah untuk meneguhkan prinsip Mamuju Utara untuk dan Semua Untuk Mamuju Utara
“Prinsip itu harus diteguhkan, sehingga tidak ada kotak-kotak dan diskriminasi di dalam Masyarakat. semua harus bergandengan tangan untuk kemajuan mamuju utara” Pungkasnya.

Reporter : Indra
Editor      : A.Maradja

TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS