Beranda Headline APBD MAROS DITETAPKAN, INI NILAINYA

APBD MAROS DITETAPKAN, INI NILAINYA


Maros-Sulsel. www.reaksipress.com. Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2018 akhirnya disahkan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Maros Rabu (22/11/2017) sebesar Rp1,4 triliun, naik Rp1 miliar dari perencanaan APBD 2018 yang diserahkan beberapa waktu lalu.
Persetujuan bersama APBD tahun 2018 ini ditandatangi oleh Ketua DPRD Maros H.A.S Chaidir Syam bersama Bupati Maros HM Hatta Rahman, MM dalam rapat paripurna DPRD di Gedung Baruga A Kantor Bupati Maros,.
Pendapatan daerah Maros yang awalnya Rp1,3 triliun, namun dalam pembahasan bertambah menjadi Rp1,4 triliun yang terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) sebesar Rp202 miliar lebih.
PAD Maros berasal dari pajak daerah sebesar Rp104 miliar, retribusi daerah Rp20 miliar, pendapatan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp12 miliar dan lain-lain PAD yang sah sebesar Rp65 miliar.
Dana perimbangan sebesar Rp997 miliar yang terdiri dari dana bagi hasil pajak atau bukan pajak sebesar Rp26 miliar, dana alokasi umum (DAU) sebesar Rp697 miliar dan dana alokasi khusus sebesar Rp272 miliar. Serta lain-lain pendapatan daerah yang sah sebesar Rp220 miliar.
HM Hatta Rahman memaparkan, belanja daerah juga meningkat dari perencanaan awal sebesar Rp1,3 triliun menjadi Rp1,4 triliun yang terdiri dari belanja tidak langsung sebesar Rp720 miliar, belanja langsung sebesar Rp669 miliar.
“Meski terjadi perubahan angka pada awal dan setelah pembahasan APBD tahun 2018 namun APBD Maros tahun 2018 tetap surplus sebesar Rp100 juta. APBD tahun 208 juga mengalami peningkatan dibanding tahun 2017 lalu yakni hanya Rp1,2 triliun,” paparnya.
Bupati Maros, HM. Hatta Rahman berharap Tahun 2018 semakin berkualitas dengan program-program yang bermanfaat dan menyentuh kebutuhan masyarakat secara langsung untuk mewujudkan masyarakat Maros semakin sejahtera.
Reporter : Ansar. M

Editor      : A.maradja
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Must Read

Debat Publik Pilkada Maros 2020, Maros Unggul Banjir Pujian Dari Youtubers

Maros.reaksipress.com - Acara debat publik pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Maros, baru saja usai digelar di...

Closing Statement, Maros Unggul sampaikan pesan damai, Siap Kalah Tapi Lebih Siap Menang

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 3 (tiga) dengan tagline Maros Unggul, HA Harmil Mattotorang-HA Ilham Nadjamuddin, menyampaikan pesan...

Chaidir Syam Puji Pembangunan Disegala Sektor Era Hatta Rahman-Andi Toto

Maros.reaksipress.com - Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Maros nomor urut 2 (dua) Chaidir Syam-Suhartina Bohari, memuji keberhasilan pembangunan infrastruktur masa kepemimpinan HM Hatta...

Sumur Untuk Santri Rumah Quran Labuhanbatu Selatan

Nasional - reaksipress.com - Ketersediaan air merupakan salah satu penunjang penting berlangsungnya proses pendidikan dengan baik dan nyaman. Seperti yang dirasakan oleh masyarakat dan...

Libur Panjang, Polres Maros Siagakan Personil di Tempat Wisata

Maros - reaksipress.com - Mengantisipasi lonjakan pemudik serta meningkatnya aktivitas wisata oleh masyarakat, Polres Maros menggelar Apel Kesiapan Pengamanan Libur Panjang bertempat di Lapangan...
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS