ReaksiPress.Maros. Pemerintah Desa Tanete Kecamatan Simbang Kabupaten Maros,  menggelar pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) merakit mesin penetas telur  di aula kantor Desa Tanete, Rabu (30/08/2017).
Kepala Desa Tanete, Abdul Kadir Gaffar dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui pelatihan ini masyarakat memiliki kemampuan merakit mesin penetas telur, mengingat minat pasar terhadap itik dan ayam sangat tinggi, khususnya rumah makan di sekitar kecamatan Simbang.
Sementara itu, Camat Simbang, H. Sahureng mengatakan bahwa dengan pelatihan ini, masyarakat memiliki skill untuk merakit sendiri mesin penetas telur sehingga bisa menambah pendapatan ekonomi keluarga dan menjadi pilot projet di 80 desa di Kabupaten Maros.
Kepala seksi SDA dan Teknologi Pedesaan, H. Kamal Syam mengapresiasi inisiatif dari pemerintah Desa Tanete karena mampu memberdayakan masyarakat, dan pengembangan  teknologi tepat guna di kabupaten Maros.
Sementara itu staf seksi SDA dan teknologi Perdesaan, Sofyan menegaskanbahwa kegiatan pelatihan  merakit alat penetas telur dan posyantekdes baru terealisasi setelah menunggu lima belas tahun. Kegiatan yang dilaksanakan secara bersama antara Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) kabupaten Maros dan Sub Bidang Pemberdayaan SDA dan teknologi pedesaan serta Pendamping Desa Profesional (P3MD) .
Senada, Rustam Efendy selaku Tenaga Ahli Teknologi tepat guna (TA. TTG) Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (P3MD) menyatakan bahwa pelatihan ini merupakan langkah cepat dan tepat untuk usaha pengembangan ekonomi desa.
“Dana desa tidak boleh hanya fokus pada pembiayaan infrastruktur saja, tapi juga harus digunakan untuk memberdayakan masyarakat dengan cara memberi pelatihan semacam ini.” Tambahnya.
Dia juga berharap dengan adanya mesin penetas telur maka Desa Tanete akan memiliki produk unggulan desa, sebagaimana amanat Kementerian Desa, dan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkesinambungan.
Kontributor : Abrar Rahman
Editor          : A.Maradja 
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS