ReaksiPress.Maros. Tergolong dalam famili Rubiaceae  dan bisa tumbuh di dataran tinggi, membuat pohon mengkudu begitu mudah didapat.
Masyarakat maros menyebutnya buah “baja-baja” dan sering dijadikan obat oleh masyarakat sejak lama walaupun baunya membuat sebagian orang enggan untuk mengkonsumsinya.
Manfaat mengkudu antara lain sebagai Zat Nutrisi yang berkhasiat menjadi anti kanker dan mencegah penyakit jantung karena kandungan  Selenium yang sinergis dengan vitamin E.
Selain itu zat scolopetin yang dikandungnya dapat mengontrol tekanan darah dalam tubuh juga efektif untuk mengatur hormon serotonin, yaitu hormon yang membantu menurunkan kadar kecemasan (depresi).

Bukan itu saja “baja-Baja” atau mengkudu bahkan bisa mengurangi Ketombe anda, caranya dengan menyiapkan 1 – 2 buah mengkudu masak yang dicuci bersih. Kemudian dipotong menjadi beberapa bagian, dan gunakan tiap bagian untuk menggosok kepala secara perlahan. Diamkan sejenak, setelah itu cuci kepala anda hingga zat yang menempel terangkat bersih. Pengobatan ini bisa dilakukan 1 – 2 kali seminggu, mau mencobanya? (AM)
TULIS TANGGAPAN ANDA PADA KOLOM DI BAWAH INI, TERKAIT DENGAN BERITA DI ATAS
Ads
Pasang Iklan ReaksiPRESS